Entri Populer

Jumat, 29 Oktober 2010

Kutipan Sekilas Tentang Al-qur'an

Al-qur'qn adalah kitab suci ummat Islam. wahyu yang diturunkan melalui nabi Muhammad saw. turun secara berangsur-angsur sejak awal kenabian sampai saat-saat akhir tugas beliau.
Al-qur'an setiap turun, bagian-bagiannya, Nabi saw. segera memerintahkan para pencatat Al-qur'an untuk medokumentasikan. selain itu' Nabi saw. mengajarkan kepada para sahabat majelis beliau dan memerintahkan yang hadir dalam majelis agar mengajarkan kepada majelis lainnya. beliau juga bersabda :
"sebaik-baik kamu adalah orang-orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari dan Muslim.)
 para sahabat Nabi saw. rata-rata hafal Al-Qur'an, dan sejak zaman beliau sampai sekarang ini tidak pernah putus Kaum Muslimin dengan orang-orang penghafal Al_Qur'an yang selalu ada pada setiap generasi.
Rosululloh saw. selama bertahun-tahun menjadi Imam Kaum Muslimin disetiap sholat berjama'ah, memperdengarkan bacaan Al-Qur'an dengan suroh-suroh yang berganti-ganti. ini tentu berfungsi sebagai pembinaan dan pemantapan hafalan. dalam banyak hal, Rosululloh saw. dengan jelas memberikan penghormatan bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur'an. seperti dalam mempertimbangkan penetapan Imam, penguburan jenazah yang lebih dari satu orang (mendahulukan yang banyak hafalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar